Penyiar yang didanai AS meminta pengadilan Eropa untuk memblokir denda Rusia | Kebebasan Berita Pers

Moskow telah menghukum Radio Free Europe / Radio Liberty karena gagal memberi label pada laporannya dengan tag ‘agen asing’.

Biro Radio Free Europe / Radio Liberty (RFE / RL) Moskow telah meminta pengadilan hak asasi manusia top Eropa untuk memerintahkan pihak berwenang Rusia agar tidak memberlakukan denda yang dapat merugikan penyiar jutaan dolar.

Outlet berita multimedia, yang didanai oleh Washington, telah didenda berat tahun ini karena apa yang dikatakan Rusia sebagai kegagalan berulang kali untuk melabeli dirinya sebagai outlet media “melakukan fungsi sebagai agen asing”.

RFE / RL mengatakan pihak berwenang Rusia memiliki kekuatan untuk membuatnya bangkrut atau memblokir akses ke situs medianya jika denda tidak dibayarkan – atau melakukan keduanya.

Andrey Shary, direktur umumnya, menghadapi prospek hukuman penjara hingga dua tahun dan kebangkrutan pribadi, jaringan khawatir.

“Kami berharap Pengadilan Hak Asasi Manusia Eropa akan memandang tindakan pemerintah Rusia ini apa adanya: upaya untuk menekan kebebasan berbicara dan hak asasi manusia rakyat Rusia,” kata Presiden RFE / RL Jamie Fly dalam sebuah pernyataan.

Fly menambahkan bahwa tindakan Moskow menjadi “preseden berbahaya pada saat media independen diserang di seluruh dunia”.

Kebuntuan telah menambah gesekan dalam hubungan Washington dengan Moskow yang sudah berada di posisi terendah pasca-Perang Dingin, di bawah tekanan dari beberapa masalah termasuk Ukraina, Suriah, sanksi dan pemenjaraan kritikus Kremlin Alexey Navalny.

‘Kerusakan yang tidak dapat dipulihkan’

Sejak Oktober, pengawas komunikasi Rusia Roskomnadzor telah mengajukan 390 kasus pelanggaran terhadap RFE / RL dan diperkirakan akan mengumumkan lebih banyak pada hari Jumat.

Pengawas memiliki kekuatan untuk melabeli LSM yang didanai asing, media atau individu yang dianggap terlibat dalam aktivitas politik sebagai “agen asing”.

Roskomnadzor telah memerintahkan RFE / RL untuk membuat pernyataan kehati-hatian pada materinya yang berbunyi: “Laporan (materi) ini dibuat dan (atau) disebarluaskan oleh media massa asing yang berfungsi sebagai agen asing dan (atau) badan hukum Rusia melakukan fungsi sebagai agen asing. “

Penunjukan juga membutuhkan publikasi untuk melaporkan pendanaan dan pengeluaran mereka.

Penyiar mengatakan denda badan pengawas karena gagal membawa pernyataan itu bisa berjumlah total setara dengan $ 2,4 juta dan menyebabkan “kerugian yang tidak dapat diubah”.

RFE / RL, yang didanai oleh hibah dari Kongres AS melalui Badan Media Global Amerika Serikat, berpendapat bahwa mereka memiliki kebebasan editorial penuh yang dilindungi oleh undang-undang AS dan bahwa persyaratan pelabelan sama dengan merusak produknya sendiri.

“Meskipun RFE / RL telah memenuhi semua kewajiban hukumnya di bawah undang-undang agen asing, RFE / RL telah menolak untuk menerapkan persyaratan pelabelan baru ini, yang jelas dimaksudkan untuk merusak reputasi dan kelangsungan hidupnya sebagai organisasi media independen di Rusia,” penyiar tersebut kata dalam sebuah pernyataan.

Roskomnadzor tidak segera menanggapi permintaan komentar oleh kantor berita Reuters atas langkah RFE / RL untuk mengajukan petisi kepada ECHR yang berbasis di Strasbourg.

Moskow menekan perbedaan pendapat

Pengawas Rusia mengatakan label “agen asing” diperlukan untuk menjelaskan kepada audiens Rusia bahwa organisasi “mengejar kepentingan negara lain”.

Namun undang-undang tersebut, yang berlaku untuk organisasi politik non-pemerintah dan media yang menerima dana asing, telah banyak dikritik karena bertujuan untuk mendiskreditkan pemberitaan kritis.

Rusia baru-baru ini meningkatkan tindakan yang tampaknya ditujukan untuk membungkam perbedaan pendapat.

Tuntutan pidana diajukan minggu ini terhadap empat editor majalah mahasiswa online. Publikasi telah memposting video yang terkait dengan protes nasional Januari yang menyerukan pembebasan Navalny.

Pengadilan pekan lalu mendenda Twitter 8,9 juta rubel (sekitar $ 117.000) karena gagal menghapus postingan di mana pengguna menyerukan anak di bawah umur untuk berdemonstrasi dalam demonstrasi pro-Navalny.

.